MEMOTIVASI DAN TERUS MENCARI JATI DIRI

Tomat, Si Merah Merona Yang Banyak Manfaat

09.58 | ,



kali ini saya ingin memposting tentang salah satu buah yang merupakan favorit saya...yapz,tomat bagi saya sangat delicious,fresh,and yummi...hehe..
Kenapa saya katakan penuh pesona?Bukan,bukan karena tomat itu penuh pesona. Tapi karena dalam postingan kali ini saya akan memaparkan manfaat tomat yang dapat membuat wajah kita menjadi penuh pesona..hemmmz..

First of all kita mengenal tentang tomat dulu yuk..
Tomat (Solanum lycopersicum) adalah tanaman semusim yang setelah berproduksi dia akan mati. Tanaman ini termasuk tanaman perdu dengan akar tunggang yang menembus tanah dan akar serabut yang menyebar ke arah samping. Batang tanaman tomat lunak tetapi kuat, berbulu dan berambut halus. Daunnya berbentuk oval dan pinggirnya bergerigi serta membentuk celah-celah menyirip agak melengkung.Kuntum bunganya terdiri dari lima helai daun kelopak dan lima mahkota.Daun tomat berwarna hijau dan berbulu. Bunga tanaman tomat berwarna kuning. Buahnya berbentuk bulat, bulat lonjong, bulat pipih, atau oval. Buah yang masih muda berwarna hijau muda sampai hijau tua. Sementara itu, buah yang sudah tua berwarna merah cerah atau gelap, merah kekuning-kuningan, atau merah kehitaman. Buahnya memiliki daging buah yang lembut, lunak, dan kadang-kadang banyak mengandung biji. Buah tomat memiliki rasa manis, asam, dan sedikit dingin.

Tomat dapat digolongkan sebagai sumber vitamin C yang sangat baik karena 100 gram tomat memenuhi 20 persen atau lebih dari kebutuhan vitamin C sehari. Selain itu, tomat juga merupakan sumber vitamin A yang baik karena 100 gram tomat dapat menyumbangkan sekitar 10-20 persen dari kebutuhan vitamin A sehari. Vitamin A dan C pada tomat juga berkhasiat sebagai antioksidan.

Selain kandungan vitamin yang tinggi tomat juga mengandung likopen yang tinggi. Likopen ini merupakan pigmen yang menyebabkan tomat berwarna merah. Seperti halnya betakaroten, likopen termasuk ke dalam golongan karotenoid. Likopen dapat membantu menjaga kulit tetap segar dan awet muda. Kulit yang terbakar oleh sinar UV, atau mengalami penuaan dini dapat diatasi dengan antioksidan yang terkandung pada likopen. Penelitian menunjukkan bahwa sebagai antioksidan yang larut dalam lemak, likopen sangat penting untuk mencegah kerusakan radikal bebas yang terjadi pada sel-sel tubuh.Tomat banyak dimanfaatkan di dalam industri kecantikan, banyak masker dan pil anti penuaan yang berbahan dasar tomat karena pigmen likopen memang terbukti efektif sebagai antioksidan. Zat lain seperti tomatin di dalam tomat bersifat sebagai antiinflamasi, yaitu dapat menyembuhkan luka dan jerawat.

Nah,setelah kita tahu tentang tomat dan kandungan kimianya tentu tidak ada salahnya kita memanfaatkan buah tomat untuk membuat wajah kita menjadi penuh pesona. Cara alami yang dapat kita lakukan sendiri di rumah cukup sederhana kok.Simak deh berikut ini:
1. Mengecilkan pori-pori kulit yang besar
Pori-pori kulit yang besar memungkinkan kotoran mudah masuk dan menyebabkan terjadinya infeksi. Resepnya, ambil satu sendok makan jus tomat segar. Tambahkan 2-4 tetes air jeruk nipis segar. Gunakan bola kapas untuk menerapkan campuran ini pada wajah Anda. Pijat dalam gerakan melingkar. Biarkan selama sekitar 15 menit dan kemudian bilas dengan air dingin. Aplikasi teratur akan mengecilkan pori-pori lebih cepat.

2. Menyembuhkan jerawat yang membandel
Jerawat yang sering muncul adalah pertanda kulit yang tidak sehat dan kekurangan vitamin A dan C. Dengan mengkonsumsi tomat, tubuh mendapat suply vitamin A dan C yang cukup sehingga jerawat dapat disembuhkan secara alami. Selain dikonsumsi, tomat juga bisa di oles ke jerawat. Caranya, potong tomat menjadi dua bagian dan oleskan pada wajah. Untuk jerawat parah masker tomat segar bisa digunakan. Buat bubur atau pasta tomat lalu oleskan pada wajah. Biarkan selama satu jam. Bilas dan gunakan pelembab. Lakukan ini secara teratur atau sebanyak yang Anda bisa. Jerawat dijamin akan mengering dan kulit kembali mulus.

3. Mengatasi kulit berminyak
Buat jus dengan bahan tomat dan ketimun kecil. Oleskan jus ke seluruh wajah, niscaya wajah tidak lagi menjadi berminyak.

4. Menghilangkan komedo
Komedo adalah salah satu yang membuat kulit wajah terlihat tidak menarik. Untuk menghilangkan komedo, buat masker tomat dan alpukat. Buah tomat akan bekerja sebagai penghilang komedo dan buah akpukat sebagai antiseptik dan pelembab muka. Cara membuat, tumbuk satu buah tomat dan tambahkan tumbukan alpukat sebagai kombinasi pembersih dan pelembab kulit. Dua kombinasi alami ini bisa menenangkan dan membersihkan kulit, cocok untuk kulit berminyak dan kering. Kaya vitamin A, C dan E. Terapkan paket ini, diamkan selama 20-30 menit dan bersihkan dengan air hangat.

5. Menyembuhkan kulit yang meradang
Kulit meradang bisa terjadi karena banyak hal, salah satunya mungkin karena sengatan matahari langsung. Efek kulit meradang seperti kemerahan dan gatal-gatal pada kulit. Cara membuatnya, parut setengah tomat dan campur dengan dua sendok makan yogurt polos. Oleskan ramuan ini pada wajah, leher, tangan dan kaki. Bilas setelah 20 menit. Tomat mendinginkan kulit dan menetralkan permukaan kulit, sementara yoghurt memberi protein yang sangat dibutuhkan kulit. lebih lembut dan kenyal.

6. Menjadikan kulit lebih bercahaya
Buat pasta dari madu dan jus tomat. Oleskan pada wajah setiap hari selama 15 menit, pasta tomat bisa juga dioles ke bagian tubuh lain yang diinginkan. Dengan pemakaian teratur kulit dan wajah anda akan menjadi segar dan terlihat bercahaya.

Taurus In Motivation

0 komentar:

Poskan Komentar