MEMOTIVASI DAN TERUS MENCARI JATI DIRI

10 Inovasi Transportasi Paling KOnyol

17.30 |



Penemuan-penemuan pada pertengahan abad ke-19 bisa dibilang dipenuhi inovasi-inovasi konyol. Bila agan-agan buka salah satu seri artikel “Popular Science” dari tahun 80an dan tahun-tahun di atasnya, agan-agan bakal nemuin banyak gadget dan alat transportasi yang sama gilanya ama yang digunain ama Coyote dalam serial kartun Road Runner. Berikut ke -10 inovasi transportasi tempo dulu terkonyol di dunia tersebut.

[h=3]Kereta Bayi Bermesin Uap (1922)[/h]




Kereta uap ini diciptakan pada tahun 1920 di Inggris. Kereta bayi uap ini sudah dilengkapi ama kanopi yang bakal ngelindungi bayi kesayangan agan agar terlindung dari matahari. Kalo soal kecepatan, kereta ini dapat mencapai 4 mil per jam yang mana sebenarnya tidak terlalu cepat bila agan-agan mau bikin usil ama bayinya.

Kereta uap ini dibuat dengan tagline “tak ada getaran mesin yang akan mengganggu buah hatimu!” yang bila diartikan dalam bahasa British adalah “kamu tak perlu mesin untuk membuat buah hatimu ketakutan setengah mati”. Loh kok?

[h=3]Perahu Darat (1924)[/h]


Perahu darat... ane sendiri keheranan ternyata ada yang menciptakannya *facepalm. Alat transportasi ini berbentuk seperti layaknya perahu, Namun dilengkapi roda di bawahnya. Tak diketahui siapa yang membuatnya, mungkin si doi malu karena hanya terjual tak lebih dari 6 buah dipasaran saat itu.

[h=3]Pesawat Berjalan (1934)[/h]




Bukan gan, ini bukan mobil yang bisa terbang. Meskipun headlinenya mengatakan ini setengah mobil setengah pesawat agan-agan jangan percaya! Transportasi aneh ini diciptakan oleh Professor T. Edward Moodie. Cara kerja pesawat berjalan atau apalah namanya ini pada saat kecepatan maksimum, roda depannya, ya cuma roda depannya, akan terangkat ke udara. Bagaimana dengan dua roda sisanya? Tenang, agan-agan bakal ngendaliin ni benda aneh dengan dua roda tersebut plus kaki agan. Heh~

[h=3]Roda Jumbo (1934)[/h]


Penggemar Yu-Gi-Oh! atau Jimmy Neutron pasti bakal tau. Yup, benda itu ternyata sudah dibuat -versi betanya- 78 tahun yang lalu oleh seorang engineer Austria. Tapi jangan dibayangin ni benda bisa bikin agan-agan percaya diri, malah sebaliknya, nih penemuan bisa bikin agan-agan kayak orang bego.

Agan-agan mungkin menyadari kalo tempat untuk menggerakkan roda raksasa ini terlalu kecil untuk dikayuh. Coba liat muka anak yang ada di gambar itu. Kesian banget jadi model penemuan yang gagal.

[h=3]Sepeda Berjalan (1934)[/h]


Kalo agan-agan kira ini hasil editan Sotoshop, maka agan salah. Pria yang memakai sepeda konyol pakai kaki itu benar adanya dan ini membuktikan kalo hipster sudah ada dari dulu kala! Sepeda ini diciptakan oleh orang Los Angeles (agan-agan bisa bilang dia cukup “miring”, tapi hei bukankah ini bisa menjadi solusi kemacetan di Jakarta? -meskipun bukan solusi pilihan pertama-). Oh ya, kalo agan-agan make ni sepeda maka agan-agan mesti siap-siap check-up ke dokter siapa tau tulang betis agan retak abis makai sepeda ini.

[h=3][/h] [h=3]Tobogan Jalanan (1936)[/h]


Tobogan jalanan adalah sebuah kendaraan konyol yang dioperasikan oleh 4 hingga 6 orang. Pada dasaranya, orang-orang yang nyiptain ni tobogan maunya bikin kendaraan keren yang lari kenceng hingga bisa nembus kecepatan 90 mil perjam. Tapi kenyataannya adalah sebuah karya yang bisa membahayakan -dan memalukan-. Lah wong gak ada remnya dijelasin di buku manualnya.

[h=3]Mobil Gasing (1939)[/h]


Pada tahun 30an, beberapa orang mulai memikirkan konsep terbaru dari model-model mobil yang ada saat itu. Orang-orang itu mempunyai pemikiran soal menyetir mobil, kalo bisa, juga memberi kesan menyenangkan. Maka lahirlah mobil gasing! Mobil itu diciptakaan oleh dua orang dari salah satu perusahaan manufaktur di kota New York saat itu. Unsur “fun”nya dari mobil gasing itu terletak pada tuasnya. Putar tuasnya dan siap-siap pusing ama mual-mual abis itu.

[h=3]Penopang Kaki Bayi (1939)[/h]


Agar para orang tua tidak malu ketika melihat anaknya lambat belajar berjalan, seseorang dari Swiss pun menciptakan alat ini dengan harapan agar para orang tua -yang berpikiran sempit- mau membeli alat ini. Alat ini terdiri dari dua kayu panjang yang diikatkan di kaki bayi agan ama kaki agan. Idenya adalah setiap agan-agan berjalan, maka bayi itupun akan ikut berjalan -harapannya-. Masalahnya agan-agan pasti tau, agan-agan mesti berjalan lambat kayak keong agar anak-anak agan aman pada saat pembelanjaran itu. Fail.

[h=3]Sepeda Keluarga (Dilengkapi Mesin Jahit!) (1939)[/h]


Sepeda konyol ini juga bisa disebut “Goofybike”. Penemunya adalah Charles Steinlauf -itu dia dan keluarganya di gambar itu!-. Kalo agan-agan liat, dia nempatin anak ceweknya di tempat yang sangat berbahaya kalo sepeda mereka berhenti tiba-tiba.

Orang-orang saat itu gak pernah tau kalo dia mempunyai pikiran untuk membuat sepeda seperti ini dan berniat untuk menjualnya atau cuma mau bikin sensasi buat keluarganya agar masuk di majalah dan diingat sepanjang masa -atas kekonyolannya-. Coba liat bagaimana istrinya sibuk menjahit di gambar itu. *DAFUQ

[h=3]Kendaraan Roda Dua Bertenaga Jet (1949)[/h]


Tahun 1949 tren mesin jet masih booming-boomingnya. Teknologinya pun masih dalam tahap awal dan wajarlah kalo pada zaman itu banyak yang gagal mempresentasikan penemuannya. Termasuk yang satu ini, seorang engineer muda membuat kendaraan yang memakai mesin jet sebagai motornya. Dilengkapi dengan motor jet customannya, kendaraan ini ternyata hanya dapat melaju kurang dari 70 mph pada tes perdananya. Penggunaan nama jet terlihat sia-sia di sini karena dibandingkan kendaraan sekarang, kendaraan tahun 49an itu lebih lambat 4 kali lipat dibandingkan kendaraan sekarang.

Nah itu dia gan, inovasi transportasi yang bisa dibilang cukup konyol yang pernah ada di dunia. Namun, gak bisa diipungkiri, tanpa inovasi-inovasi itu, kita gak bakal bisa liat alat-alat transportasi yang sebeken sekarang.


Taurus In Motivation

0 komentar:

Posting Komentar