MEMOTIVASI DAN TERUS MENCARI JATI DIRI

Danau Terindah Milik Indonesia

05.22 | ,

Serba Putih di Ujung Bandung
kaskus-forum.blogspot.com - 13 Danau Unik, Aneh & Menakjubkan Milik Indonesia [Serba 13]
Danau Kawah Putih, Bandung

Danau Kawah Putih terletak di puncak Gunung Patuha di kawasan Bandung Selatan, Jawa Barat. Diberi nama Kawah Putih karena kawasan tersebut hampir semuanya tertutup oleh warna putih dari permukaan air danau maupun oleh asap belerang yang menyebar.

Pemandangan Danau Kawah Putih begitu indah meskipun airnya beracun karena mengandung asam sebagai akibat dari aktivitas vulkanik di dasar danau. Di pertengahan abad ke-20, belerang di dasar danau ini pernah di tambang, tapi kini sudah dihentikan.

Untuk sampai di Kawah Putih, pengunjung bisa menggunakan rute perjalanan sebagai berikut: dari luar Bandung yang menggunakan kendaraan roda empat dapat melewati jalur pintu Keluar Tol Kopo, melewati Sayati dan dilanjutkan ke Soreang. Dari Soreang, lanjukan perjalanan ke Ciwidey dan sampailah di lokasi Kawah Putih. Rute alternatif bisa menggunakan jalur tol Buah Batu.


Air Danau Ini Terasa Asin
kaskus-forum.blogspot.com - 13 Danau Unik, Aneh & Menakjubkan Milik Indonesia [Serba 13]
Danau Satonda, NTB

Danau Satonda terletak di tengah pulau Satonda dan termasuk wilayah Kabupaten Dompu, NTB. Danau ini mempunyai keunikan karena airnya asin seperti air laut.

Diperkirakan air danau ini asin karena tercampur dengan air laut yang meluap dan terperangkap di danau pada saat gunung Tambora meletus (mirip dengan danau Kakaban). Ini dimungkinkan karena jarak Pulau Satonda dengan Gunung Tambora sangatlah dekat.

Seperti diketahui, letusan Gunung Tambora sangat dahsyat sehingga sangat mungkin menimbulkan gelombang pasang (tsunami) yang dahsyat pula. Luas danau Satonda sekira 2,5 km2 dan belum diketahui jenis habitat yang ada di dalam danau ini karena belum pernah dilakukan penelitian.


Hujan Jadi Danau, Kemarau Jadi Padang Rumput

kaskus-forum.blogspot.com - 13 Danau Unik, Aneh & Menakjubkan Milik Indonesia [Serba 13]
Danau Sentarum, Kalimantan Barat

Danau Sentarum sebagai danau musiman yang berada di taman nasional ini, terletak pada sebelah cekungan sungai Kapuas, yaitu sekitar 700 km dari muara yang menuju Laut China Selatan. Dibatasi oleh bukit-bukit dan dataran tinggi yang mengelilinginya, Danau Sentarum merupakan daerah tangkapan air dan sekaligus sebagai pengatur tata air bagi Daerah Aliran Sungai Kapuas.

Danau Sentarum sungguh berbeda dengan danau â??konvensionalâ?? lainnya, sebab Danau Sentarum sejatinya adalah daerah hamparan banjir (lebak lebung /floodplain). Dengan letak dan kondisinya yang berada di tengah-tengah jajaran pegunungan, kawasan ini menjadi daerah tangkapan hujan.

Pada musim penghujan Komplek Danau Sentarum akan terendam air akibat aliran air dari pegunungan di sekelilingnya dan dari luapan Sungai Kapuas yang merupakan Sungai terpanjang di Indonesia. Sementara, pada musim kemarau menjadi hamparan kering dan terkadang ditumbuhi rumput laksana padang golf.


Ada Udang di Balik Danau
kaskus-forum.blogspot.com - 13 Danau Unik, Aneh & Menakjubkan Milik Indonesia [Serba 13]
Danau Painai, Papua

Danau Paniai adalah sebuah danau yang terletak di Kabupaten Paniai, Papua atau secara administratif terletak di distrik Paniai Timur. Danau Paniai yang tersohor memiliki panorama alam yang rancak, alami, dan terawat dengan baik.

Bila beruntung, di Danau Paniai wisatawan dapat melihat udang endemik Papua yang kini sudah mulai langka, yaitu udang selingkuh (cherax albertisii). Dinamakan demikian karena udang tersebut memiliki capit/jepit besar seperti halnya kepiting.

Sampai saat ini, setiap orang yang berkunjung ke Tanah Papua, terutama ke Kota Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, senantiasa mencari udang selingkuh sebagai menu untuk bersantap.

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Danau Paniai, dapat memulai perjalanan dari Kota Enarotali, Ibu Kota Kabupaten Paniai. Dari Kota Enarotali, tersedia dua jalur menuju kawasan Danau Paniai.

Pertama, menggunakan jalur darat dengan menyewa bus jenis Mitsubishi Strada yang dapat diandalkan untuk melintasi medan jalan yang terjal dan berkelok-kelok. Kedua, mengambil jalur udara dengan menumpang pesawat AMA dan AMAF jenis Cessna.


Danau Tiga Warna, Lambang Kecantikan Indonesia
kaskus-forum.blogspot.com - 13 Danau Unik, Aneh & Menakjubkan Milik Indonesia [Serba 13]
Danau Kelimutu, Indonesia

Di Pulau Flores, Nusa Tenggara Barat, terdapat sebuah gunung berapi bernama Gunung Kelimutu. Gunung ini memiliki tiga buah danau kawah di puncaknya.

Danau ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Walaupun begitu, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring perjalanan waktu.

Kelimutu merupakan gabungan kata dari "keli" yang berarti â??gunungâ?? dan kata "mutu" yang berarti â??mendidihâ??. Menurut kepercayaan penduduk setempat, warna-warna pada Danau Kelimutu memiliki arti masing-masing dan memiliki kekuatan alam yang sangat dahsyat.

Danau Kelimutu dibagi atas tiga bagian sesuai dengan warna-warna di dalamnya. Danau berwarna biru atau "Tiwu Nuwa Muri Koo Fai" merupakan tempat berkumpulnya jiwa muda-mudi yang telah meninggal.

Danau yang berwarna merah atau "Tiwu Ata Polo" merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang yang telah meninggal dan selama dia hidup selalu melakukan kejahatan/tenung. Sementara, danau berwarna putih atau "Tiwu Ata Mbupu" merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal.


Misteri Danau Merah Darah di Pedalaman Bengkulu
kaskus-forum.blogspot.com - 13 Danau Unik, Aneh & Menakjubkan Milik Indonesia [Serba 13]
Danau Pagaralam, Bengkulu

Danau ini sempat menghebohkan warga setempat karena warnanya yang tak biasa. Ya, Danau Pagaralam memiliki warna merah darah.

Danau Pagaralam terletak di sekitar perbukitan Raje Mandare, perbatasan antara Kota Pagaralam dan Kaur, Provinsi Bengkulu. Keunikan danau ini karena permukaan air berwarna merah seperti darah.

Danau ini baru ditemukan oleh warga setempat pada 2010, ketika sekelompok warga melakukan ekspedisi ke kawasan hutan dan bukit Rimbacandi. Anehnya, meski dari luar warnanya merah seperti darah, bila diangkat airnya berwarna seperti biasa. Pada malam hari lokasi danau ini beraroma pandan.

Di tempat ini terdapat satwa langka berupa kelabang raksasa berukuran lebar 30 cm dan panjangnya 50 cm, burung raksasa, serta kerbau yang telinganya dipenuhi sarang lebah. Dan lebih ajaibnya, rata-rata hewan di tempat ini jinak.

Untuk bisa sampai ke tempat ini, dibutuhkan waktu kurang lebih 1 hari perjalanan dari pusat kota. Pasalnya, jalan menuju lokasinya masih belum tersentuh tangan pemerintah.


Taurus In Motivation

0 komentar:

Poskan Komentar