MEMOTIVASI DAN TERUS MENCARI JATI DIRI

Susah Buang Air Besar, Konsumsi Buttermilk

02.29 | ,




Ada banyak cara untuk menunjang kesehatan Anda. Salah satunya, dengan mengkonsumsi makanan sehat. Buttermilk pun bisa menjadi pilihan.
Meski jarang ditemukan di Indonesia, buttermilk biasa digunakan untuk membuat tekstur pancake yang dihasilkan lebih lembut dan moist tanpa menggunakan lemak yang banyak. Di Indonesia, buttermilk bisa ditemukan di supermarket yang banyak menjual bahan impor.

Produk ini bukan sekedar susu cair biasa karena memiliki cita rasa yang sedikit asam lantaran dihasilkan dari proses fermentasi. Buttermilk, juga lebih kental dari susu cair biasa. Bahkan, manfaatnya pun sangat luar biasa untuk kesehatan Anda.

Di beberapa negara, salah satunya India, buttermilk justru dikonsumsi (diminum) karena memiliki banyak manfaat.

Meski termasuk produk olahan susu, buttermilk tidak mengandung banyak lemak. Dikutip dari boldsky, Anda pun perlu tahu beberapa manfaat buttermilk untuk kesehatan:

Sumber kalsium

Buttermilk adalah produk susu, tak heran kalau buttermilk kaya akan kalsium. Sebagai bagain dari produk olahan susu, buttermilk baik untuk membantu pertumbuhan sekaligus memperkuat tulang. Ini dikarenakan dalam susu mengandung sekitar 400 mg kalsium.

Bisa redakan peradangan

Merasa perut kembung dan diare setelah minum susu, bisa jadi Anda menderita intoleran laktosa. Kondisi ini terjadi karena tubuh tidak mampu mencerna laktosa (gula dalam susu).

Namun dengan buttermilk, tubuh Anda justru dapat dengan mudah meredakan beberapa keluhan perut, seperti meningkatkan keasamaan dan peradangan. Hal ini disebabkan karena buttermilk sangat mudah dicerna.

Atasi sembelit

Konstipasi atau sembelit atau biasa dikenal dengan masalah susah buang air besar, merupakan kondisi yang umum dialami banyak orang. Namun akan menjadi hal serius jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat.
Untuk mengatasi masalah sembelit, konsumsi buttermilk bisa menjadi solusinya. Buttermilk dapat menjadi pengganti air (sementara) untuk melancarkan masalah sembelit. Ini dikarenakan, buttermilk dapat dengan mudah terhidrasi oleh tubuh.

Kaya vitamin
Buttermilk atau susu skim ternyata memiliki banyak vitamin yang berguna untuk tubuh. Bagi Anda penikmat susu, namun tidak ingin tubuh gemuk, cobalah untuk beralih pada buttermilk.

Buttermilk kaya akan vitamin A, C, E, K, dan B (tiamin, riboflavin, serta niacin). Vitamin-vitamin ini menyediakan suplemen gizi  yang diperlukan untuk tubuh, sehingga mampu membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Rendah kalori

Bagi Anda yang sedang melakukan proses penurunan berat badan, buttermilk merupakan jenis minuman yang cocok untuk Anda. Hal ini karena susu skim sangat rendah lemak dan kalori. Jadi, jangan takut tubuh melar saat mengkonsumsi minuman sehat ini.

Jika sudah mengetahui manfaatnya, namun, Anda kesulitan memperoleh buttermilk, Sebagai pengganti, Anda dapat mencampur 250 ml susu cair dengan 1¾ sdm cream of tartar atau 1 sdm cuka masak. Selain itu, buttermilk juga dapat diganti dengan yoghurt atau krim asam dengan jumlah yang sama.


Taurus In Motivation

0 komentar:

Posting Komentar