MEMOTIVASI DAN TERUS MENCARI JATI DIRI

Kirab Kebo Bule, Ritual Suro di Solo

02.59 | ,



Ribuan warga masyarakat Solo dan sekitarnya kumpul di sepanjang jalan yang dilalui kirab kebo bule Kyai Slamet. Setiap malam tahun baru hijriah atau dalam kalender Jawa disebut sebagai malam satu suro, Keraton Kasunanan Surakarta selalu menggelar ritual kirab kebo Kyai Slamet dengan mengelilingi kawasan komplek keraton.

 ribuan warga tersebut telah menanti kedatangan arak-arakan kirab kebo bule Kyai Slamat sejak pukul 21.00 WIB. Padahal, prosesi kirab tersebut baru dimulai sekitar pukul 24.00 WIB. Meski demikian, mereka dengan sabar tetap menunggunya.

Selain ditonton ribuan warga, prosesi kirab tersebut juga diikuti oleh ribuan abdi dalem dari sejumlah daerah di sekitar Solo. Selain mengarak kirab kebo bule Kyai Slamet yang berjumlah sembilan ekor, dalam acara tersebut juga melaksanakan kirab koleksi pusaka milik keraton yang jumlahnya mencapai sepuluh buah.

Kirab yang diikuti ribuan kerabat dan abdi dalem keraton tersebut dilakukan dengan khidmat. Seperti tahun-tahun sebelumnya, sejumlah warga maupun abdi dalem, yang ikut mengarak kirab bule ikut memunguti kotoran dari hewan tersebut. Pasalnya, kotoran kebu bule dianggap membawa keburuntungan.

Kordinator kirab, KRMH Satryo Hadinoto mengungkapkan tradisi tahunan ini sudah berlangsung secara turun temurun. “Kirab tersebut diikuti oleh ribuan abdi dalem. Yang dikirab meliputi pusak keraton dan kebo bule Kyai Slamet,” tuturnya.

Kirab yang berlangsung Kamis dinihari tersebut menempuh jarak sekitar 4 kilometer. Oleh sebab itu, warga masyaralat yang duduk di pinggir jalan harus bersabar, rela menunggu lama. Mengingat kerbau tersebut berjalan dengan cukup pelan.
”Di barisan depan kerbau, sedangkan barisan belakang adalah para abdi dalem yang membawa pusaka keraton,” papar Satryo.

Taurus In Motivation

1 komentar:

PAk JUSTAN DI BATANG mengatakan...

Hari ini saya ingin mengunkapkan tentang perjalanan hidup saya,karna masalah ekonomi saya selalu dililit hutang bahkan perusahaan yang dulunya saya pernah bagun kini semuanya akan disitah oleh pihak bank,saya sudah berusaha kesana kemari untuk mencari uang agar perusahaan saya tidak jadi disitah oleh pihak bank dan akhirnya saya nekat untuk mendatangi paranormal yang terkenal bahkan saya pernah mengikuti penggandaan uang dimaskanjeng dan itupun juga tidak ada hasil yang memuaskan dan saya hampir putus asa,,akhirnya ketidak segajaan saya mendengar cerita orang orang bahwa ada paranormal yang terkenal bisa mengeluarkan uang ghaib atau sejenisnya pesugihan putih yang namanya Mbah Rawa Gumpala,,,akhirnya saya mencoba menhubungi beliau dan alhamdulillah dengan senan hati beliau mau membantu saya untuk mengeluarkan pesugihan uang ghaibnya sebesar 10 M saya sangat bersyukur dan berterimakasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala berkat bantuannya semua masalah saya bisa teratasi dan semua hutang2 saya juga sudah pada lunas semua,,bagi anda yang ingin seperti saya dan ingin dibabtu sama Mbah silahkan hubungi 085 316 106 111 saya sengaja menulis pesan ini dan mempostin di semua tempat agar anda semua tau kalau ada paranormal yang bisah dipercaya dan bisa diandalkan,bagi teman teman yang menemukan situs ini tolong disebar luaskan agar orang orang juga bisa tau klau ada dukun sakti yg bisa membantuh mengatasi semua masalah anda1.untuk lebih lengkapnya buka saja blok Mbah karna didalam bloknya semuanya sudah dijelaskan PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

Poskan Komentar