MEMOTIVASI DAN TERUS MENCARI JATI DIRI

KURANGI LEMAK DI PERUT AGAR TIDUR NYENYAK

04.07 | ,


Tidak mendapatkan waktu dan kualitas tidur yang baik bisa disebabkan oleh banyak faktor. Namun studi baru menemukan jika ingin mendapatkan tidur yang nyenyak, sebaiknya kurangi lemak yang menumpuk di perut.

Peneliti dari Amerika Serikat menemukan orang yang kehilangan berat badan sebanyak 6 kg dan lemak di pinggangnya berkurang maka dapat meningkatkan kualitas tidur dengan lebih baik sebesar 20 persen.

Di sisi lain, orang yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas terutama lemak yang menumpuk di perut cenderung memiliki masalah tidur. Hal ini diungkapkan oleh peneliti dari Johns Hopkins University, AS.

Dalam studi ini peneliti melibatkan 77 orang yang semuanya kelebihan berat badan atau obesitas dan secara acak dibagi menjadi 2 kelompok. Satu kelompok melakukan diet dan olahraga, sementara kelompok lainnya hanya diintervensi pola makannya.

Para peserta juga mengisi survei mengenai kualitas tidur di awal dan akhir penelitian untuk mengidentifikasi masalah tidur termasuk sleep apnea, kelelahan di siang hari, insomnia, tidur gelisah, kelebihan tidur dan penggunaan obat penenang. Selain itu, peneliti juga mengukur indeks massa tubuh dan jumlah lemak perut dari semua peserta.

"Kami menemukan adanya peningkatan kualitas tidur secara bermakna saat dikaitkan dengan penurunan berat badan keseluruhan, khususnya lemak di perut," ujar Kerry Stewart dari Johns Hopkins University School of Medicine, seperti dikutip dari Daily Mail

Gangguan tidur seperti sleep apnea menyebabkan otot-otot dalam jalan napas runtuh selama tidur sehingga menghambat pernapasan. Kondisi ini akan memburuk jika seseorang kelebihan berat badan terutama penumpukan lemak di perut.

Selama ini gangguan tidur sleep apnea ini sudah dikaitkan dengan obesitas, penyakit jantung, diabetes dan kelelahan di siang hari. Untuk itu orang dengan kondisi ini disarankan memiliki berat badan ideal dan mengurangi lemak yang menumpuk di perut.

Padahal kualitas tidur yang baik adalah hal penting bagi kesehatan fisik dan mental, serta untuk sistem kardiovaskular yang sehat. Untuk itu sebisa mungkin seseorang mendapatkan waktu dan kualitas tidur yang cukup setiap harinya.

0 komentar:

Poskan Komentar