MEMOTIVASI DAN TERUS MENCARI JATI DIRI

5 Langkah Berdamai dengan Kegagalan

01.47 | ,

Kita tahu bahwa kegagalan adalah bagian dari realitas hidup. Pada tingkat tertentu, itu bisa membantu kita untuk tumbuh. Tetapi tetap saja, kita benci kegagalan. Bahkan, kita tentu merasa takut untuk menghadapinya. Akibatnya, kita pun berusaha keras untuk menghindari kegagalan, meski tak ada yang sempurna. Semua orang pasti akan merasakannya. Lalu, apa yang harus kita lakukan? Berikut adalah lima tips berdamai dengan kegagalan, seperti dilansir Forbes.

1. Pisahkan kegagalan dari identitas Anda

Hanya karena Anda belum menemukan cara untuk sukses, bukan berarti Anda telah gagal. Jadi, jangan samakan antara kegagalan dan keyakinan akan pribadi Anda.

2. Belajar dan segera beradaptasi

Singkirkan rasa marah, frustrasi, dan penyesalan yang sedang Anda rasakan. Lalu, merenunglah tentang "Mengapa saya gagal?" Setelah menganalisis kegagalan itu, melangkahlah mundur dan bertanya pada diri sendiri, apa yang telah saya pelajari dari hal ini? Pikirkan tentang bagaimana Anda akan menerapkan wawasan baru untuk maju.

3. Lupakan

Anda merasa terobsesi pada kegagalan? Jika ya, itu tak akan mengubah apa pun dalam hidup Anda. Anda tidak dapat mengubah masa lalu, tetapi dapat membentuk masa depan. Semakin cepat Anda mengambil langkah maju, semakin cepat pula Anda melupakannya.

4. Jangan dengarkan kata orang lain

Takut akan kegagalan seringkali berakar pada ketakutan kita dihakimi dan kehilangan rasa hormat dari orang lain. Anda mungkin merasa tak punya harga diri, ketika usaha Anda ternyata gagal. Ingat, ini adalah hidup Anda, bukan milik mereka.

5. Cobalah sudut pandang baru

Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengubah perspektif Anda. Katakan ini keras-keras "Jika saya gagal, itu bukan berarti saya bodoh, lemah, atau tidak mampu. Dan, saya tidak ditakdirkan untuk gagal"

Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Semua orang bisa sukses, asal mau berusaha lebih keras. Jadi, mulai berdamailah dengan kegagalan dan terus melangkah maju.


Taurus In Motivation

0 komentar:

Poskan Komentar