MEMOTIVASI DAN TERUS MENCARI JATI DIRI

Tes Darah Bisa deteksi Sel Tumor Otak

05.51 | ,


Penelitian menunjukkan bahwa sebuah tes mampu mendeteksi tumor pada tikus dan manusia. Tes ini juga mampu menunjukkan apakah pengobatan bekerja dengan baik pada pasien.

Sel kanker akan melepaskan lemak yang disebut microvesicles pada aliran darah. Microvesicles inilah yang akan digunakan oleh peneliti untuk mendeteksi kanker.

Meski begitu zat ini sangat kecil dan sulit terdeteksi, sehingga ilmuwan di Massachusetts General Hospital menggunakan nanopartikel magnetis yang didesain untuk menarik protein unik dalam microvesicles dari sel kanker otak.

Tes pada 24 pasien yang memiliki tumor otak diketahui 90 persen akurat. Sementara tes pada hewan menunjukkan bagaimana tumor merespon perawatan.

"Microvesicles adalah biomarker yang sangat bisa diandalkan. Zat ini sangat stabil dan sensitif terhadap efek pengobatan," ungkap Prof Ralph Weissleder, seperti dilansir oleh BBC (12/11).

"Pada hewan dan manusia, kami berhasil melihat microvesicles yang terkait dengan kanker dalam aliran darah berubah-ubah ketika pengobatan."

Tim peneliti percaya teknik ini bisa digunakan pada beberapa jenis kanker atau penyakit lainnya. Josephine Quoerido, manajer di Cancer Research, Inggris menyatakan bahwa penelitian ini memiliki prospek besar. Querido berharap di masa depan mulai bisa diterapkan di klinik serta laboratorium yang bisa dijangkau oleh masyarakat.

Taurus In Motivation

0 komentar:

Poskan Komentar